Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon

By | December 31, 2018

Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan HormonPerhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon

Hormon merupakan zat yang dibentuk oleh bagian tubuh tertentu dalam jumlah yang kecil dan dibawa ke jaringan tubuh lain serta memiliki pengaruh terhadap aktivitas sel-sel tubuh. Hormon ini bisa dihasilkan di otak ataupun di luar otak. Sebagai informasi, hormon memiliki pengaruh yang sangat besar untuk mood atau suasana hati. Selain itu, juga memengaruhi yang namanya nafsu makan, berat badan, dan bahkan hasrat untuk bercinta.

Baca juga: Perubahan Hormon Turunkan Kesehatan Kulit, Ini Cara Mengatasinya

Jika hormon tidak diseimbangkan dengan baik, bisa-bisa akan membuat segalanya berantakan. Nah, untuk membuat tingkat hormon di dalam tubuh tetap stabil, berikut ini hal-hal yang bisa untuk dilakukan.

Jangan Takut Gemuk Tapi Takutlah Gula

Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon
Foto: orogoldcleopatra.com

Carlyn Rosenblum R.D. menjelaskan tingkat pentingnya lemak terhadap kesehatan wanita, begitupun dengan berbagai dampak buruk gula yang sangat perlu dihindari. Resistensi terhadap insulin bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan bisa memengaruhi hormon kesuburan dan itu berdampak buruk untuk kesehatan.

Memang lemak yang tidak sehat bisa membuat tubuh gemuk. Namun, saat berkaitan dengan kesuburan, lemak sangat penting untuk memproduksi hormon yang sehat dan bisa menjaga kadar gula darah untuk tetap seimbang. Diet dan berbagai makanan yang dikonsumsi bisa memengaruhi hormon dengan drastis, maka dari itulah jangan terlalu takut lemak, dan batasi konsumsi gula. Cari tahu lemak jenis apa yang terdapat di makanan yang kamu konsumsi sebelum paranoid dan benar-benar menghindarinya.

Usahakan untuk Dapat Cukup Tidur

Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon
Foto: seealternativeswellness.com

Hal lainnya yang perlu untuk diperhatikan adalah mendapatkan tidur yang cukup. Karena kurang tidur dapat menggangu keseimbangan tubuh, termasuk siklus menstruasi. Taz Bhatia, M.D., seorang dokter pengobatan integrative dan penulis buku Super Woman Rx menjelaskan bahwa tidur sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan hormon pada wanita. Sebagian hormon ini dikendalikan oleh hipotalamus dan hipofisis, dua organ di otak. Supaya hormon tetap baik-baik saja, usahakan untuk mempertahankan jadwal tidur tujuh atau delapan jam semalam. Dan yang terpenting, lakukan secara konsisten.

Pada Saat Menstruasi, Obat Diuretik Alami adalah Penyelamat

Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon
Foto: organicauthority.com

Dari berbagai macam gejala saat menstruasi, kembung merupakan hal yang sangat menyebalkan karena membuat sangat tidak nyaman. Udah sakit perut, kembung pula. Lengkap sudah. Namun, menurut Jolone Brighten, N.D, seorang dokter ahli naturopati dan ahli kesehatan hormon, kita bisa mengobatinya dengan obat diuretic alami untuk mengurangi gejalanya. Daun dandelion merupakan diuretic yang sangat baik. Bisa digunakan sebagai teh atau dikonsumsi segar dicampurkan dalam salad atau ditumis. Untuk mengurangi kembung, kamu bisa mengonsumsi daun dandelion lima sampai tujuh hari sebelum haid.

Baca juga: Penyebab Terlambat Datang Bulan Menurut Dokter Kandungan

Selain ketiga hal di atas, kamu juga perlu menjaga kesehatan hormon dari lingkungan yang kurang mendukung. Karena lingkungan juga sangat memerharuhi kesehatan hormon. Ladies, selalu jaga kesehatan tubuh supaya aktivitas tidak terganggu ya.

Sumber: Mind Body Green

The post Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Menjaga Keseimbangan Hormon appeared first on MeraMuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *