11 Penyebab Wajah Kusam dan Kering yang Harus Diperhatikan

By | December 8, 2018

Sudah menjaga kesehatan kulit sebaik mungkin dengan memahami tips awet muda dan cantik, sudah melakukan perawatan, hingga kemanapun menggunakan masker, tapi wajah masih saja terlihat kusam dan kering? Terlalu banyak zat yang terkandung di udara bebas memiliki sifat perusak dan berbahaya bagi kulit.

Bagi mereka yang tinggal di perkotaan dan memiliki aktivitas di luar rumah setiap hari, tentu sulit untuk menjaga kulit tetap bersih karena asap kendaraan bermotor mengandung berbagai senyawa polutan seperti halnya karbon dioksida. Karbon dioksida (CO2) dalam jumlah besar dan berlebihan akan membuat kulit semakin hitam.

Namun, faktanya asap kendaraan bukanlah faktor utama yang membuat kulit cepat kering dan kusam. Penyebab  tersebut ternyata dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh sendiri (faktor internal) maupun faktor dari luar tubuh (faktor eksternal). Kadangkala faktor internal bisa menjadi penyebab utama dibanding faktor eksternal, karena memang ada beberapa hal yang bahkan tidak bisa dicegah sama sekali. Jadi, apa saja penyebab wajah kusam dan kering? Untuk memahaminya, mari kita lihat bersama ulasan berikut!

Faktor Internal (Dari Dalam Tubuh)

1. Genetika (Pewarisan Sifat)

Gen merupakan unit pewarisan sifat yang pasti dimiliki oleh makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Seluruh ciri-ciri dan karakteristik keturunan yang ada di dalam maupun luar tubuh entah berupa psikis maupun fisik, biasanya diwariskan dari kedua orangtua. Ayah dan Ibu dapat saling mempengaruhi ataupun salah satunya saja, tergantung mana yang bersifat dominan atau resesif. Tentu saja karakteristik kulit juga dapat dipengaruhi oleh gen ini. Apabila fenotipe kulit kering lebih dominan dibanding kulit lembab, maka dapat dipastikan keturunan akan memiliki kulit kering, yang semakin terlihat ketika dewasa.

2. Usia

Usia yang semakin tua biasanya diikuti oleh produksi hormon yang tidak optimal lagi, apalagi sudah mulai memasuki umur 40-50. Regenerasi atau pembaharuan sel-sel di dalam tubuh juga bekerja dengan lebih lambat, sangat berbeda dengan mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena pertambahan usia merupakan kodrat setiap manusia, maka yang perlu dilakukan adalah memperbaiki gaya hidup yang akan dibahas pada bagian berikutnya.

3. Terjangkit Penyakit

Banyak sekali penyakit yang membuat kulit menjadi kering dan kusam. Ada penyakit yang berhubungan memang merupakan peradangan kulit seperti psioriasis ataupun penyakit dari dalam seperti halnya diabetes. Psioriasis merupakan peradangan kulit kronis yang bisa menyebabkan bercak-bercak pada kulit, kulit terkelupas, bersisik, dan kering. Sedangkan diabetes adalah tingginya kadar gula dalam tubuh yang juga bisa berpengaruh pada kulit menjadi gatal, perih, dan kering. Untuk itu, segera konsultasikan kepada dokter apabila kulit Anda kering dalam kurun waktu yang lama.

4. Dehidrasi

Kurangnya minum air putih menjadi kebiasaan yang paling sering dilakukan, apalagi mereka yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Dehidrasi dapat mengurangi kadar air dalam tubuh, sehingga turut menyebabkan kulit menjadi kering.

5. Ketidakseimbangan Hormon

Produksi hormon yang tidak stabil sering terjadi ketika wanita sedang sakit, hamil, maupun mengalami menopause. Hal ini juga dapat membuat kulit menjadi berkerut dan kering. Namun apabila hormon kembali seimbang, kondisi kulit dapat berangsur kembali.

Faktor Eksternal (Dari Luar Tubuh)

1. Polusi

Polusi yang telah disebutkan, dapat berupa asap hitam kendaraan, asap pabrik, maupun debu dan radikal bebas juga sangat membuat kulit kering dan kusam.

2. Paparan Sinar Matahari

Pemanasan global yang terjadi beberapa tahun ke belakang disebabkan karena penipisan lapisan ozon sehingga efek yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari lebih besar. Kulit yang sering terkena sinar ultraviolet rentan terkena penyakit dan juga turut menjadi kering. Anda bisa menggunakan sunblock pemutih wajah sebelum pergi keluar rumah.

3. Pola Makan yang Salah

Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran tentu juga mengurangi konsumsi air dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya air saja, buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang diperlukan untuk menjaga kelembutan dan kehalusan kulit.

4. Gaya Hidup yang Salah

Gaya hidup yang tidak dianjurkan seperti merokok merupakan salah satu penyebab kulit kering. Kandungan zat berbahaya dan juga asap panas rokok membuat kulit menjadi kering dan kusam. Selain itu, rokok yang mengandung tar juga bersifat karsinogenik yaitu berpeluang menyebabkan kanker, dan sangat berbahaya bagi tubuh.

5. Penggunaan Produk Kecantikan yang Tidak Tepat

Penggunaan kosmetik ataupun sabun yang tidak tepat bisa jadi membuat kulit Anda rusak karena tidak cocok dengan zat kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk itu pilihlah produk yang benar-benar nyaman untuk kulit Anda.

6. Terlalu Sering Berada dalam Ruangan ber-AC

Cuaca yang dingin maupun terlalu lama berada di ruangan ber-AC dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering. Suhu yang dingin akan mengurangi kelembaban kulit Anda.

Maka, untuk mencegahnya, Anda membutuhkan beberapa tips sebagai cara untuk memutihkan wajah kering. Anda juga harus mengetahui tips memilih pelembab wajah yang benar untuk kulit Anda. Apabila menggunakan kosmetik, pahami tips memilih cream pemutih wajah yang aman, sedangkan apabila Anda melakukan perawatan eksternal, pahami juga tips memilih klinik kecantikan yang aman.

Untuk menjamin seluruh keamanan, sesuaikan bahan yang paling cocok untuk kulit Anda karena kulit sensitif memiliki banyak pantangan yang harus diperhatikan. Nah, sudah tidak takut lagi kan dengan akibat dari penyebab wajah kusam dan kering? Lakukan yang terbaik demi kecantikan wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *