Bolehkah Lemon untuk Wajah Setiap Hari agar Terlihat Putih?

By | December 12, 2018

Sponsors Link

Buah lemon sejak dulu telah dimanfaatkan untuk merawat dan mempercantik kulit wajah, karena banyaknya kandungan yang bermanfaat di dalamnya. Lemon memiliki kandungan seperti vitamin (B dan C), protein, potassium dan karbohidrat yang bermanfaat untuk kulit. Dengan khasiat ini lemon sering digunakan untuk tujuan mengatasi permasalahan jerawat beserta bekasnya dan untuk memutihkan kulit. Cara memutihkan wajah dengan lemon dapat dengan menggunakan air perasannya dengan dibuat toner, masker sampai scrub alami. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah:

  • Mencerahkan dan memutihkan kulit wajah, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi lemon dapat membantu pengangkatan sel kulit mati yang menyebabkan wajah tampak kusam.
  • Menangkal radikal bebas, yang mana dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan menyebabkan penuaan dini kulit wajah.
  • Membersihkan kulit sampai ke pori-pori, sehingga pori-pori besar dapat teratasi juga sekaligus dapat mencegah munculnya jerawat dan komedo dengan alami.
  • Mengurangi kadar minyak yang berlebih, yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat atau komedo.

Dengan beberapa manfaat tersebut, lemon sangat direkomendasikan untuk dipakai sebagai cara memutihkan wajah berminyak setiap hari.Namun apakah perawatan lemon untuk wajah setiap hari boleh dilakukan? Penasaran bukan? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Pada dasarnya lemon merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Tujuan eksfoliasi sendiri adalah untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit dan menyumbat pori-pori kulit. Di samping itu, eksfoliasi ini juga memiliki efek lain seperti mengurangi kadar minyak di wajah. Nah, untuk penggunaan perawatan yang dapat mengekfoliasi kulit sendiri tidak dianjurkan untuk dipakai terlalu sering.

Sehingga perawatan dengan buah lemon untuk wajah setiap hari tidak dianjurkan terutama untuk masker dan scrub. Apalagi jika digunakan dengan dicampur bahan alami lain yang juga memiliki fungsi sebagai eksfoliator seperti baking soda atau gula pasir. Seperti halnya dengan efek samping memutihkan wajah dengan jeruk nipis, terdapat beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan jika menggunakan buah lemon untuk masker atau scrub setiap hari seperti berikut ini:

  • Menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan atau gatal-gatal.
  • Membuat kulit tambah kering, karena kehilangan minyak alami kulit.
  • Menyebabkan kulit tambah sensitif, terutama ketika terpapar sinar matahari.
  • Membuat kulit tampak bersisik dan kusam tidak sehat.

Dengan beberapa efek samping tersebut, perawatan lemon untuk wajah setiap hari tidak dianjurkan untuk tipe kulit yang cenderung kering dan bermasalah baik sebagai masker maupun scrub. Namun, penggunaan lemon sebagai toner atau pembersih wajah saja diperbolehkan jika digunakan setiap hari. Di bawah ini adalah langkah atau cara membuat toner alami agar kulit putih dari lemon yang bisa dicoba.

Pertama, siapkan bahan-bahan seperti:

  • Disiapkan ½ butir buah lemon, lalu peras untuk mendapatkan sarinya.
  • Masukkan ke dalam wadah 1 sendok makan sari lemon.
  • Tambahkan 4 sendok makan air mineral, lalu aduk rata.

Kedua, cara memakai toner pemutih wajah dari lemon yang tepat adalah:

  • Siapkan kapas lembut lalu celupkan ke dalam toner lemon yang telah siap.
  • Aplikasikan ke kulit dengan diusap pelan, jangan digosok.
  • Gunakan toner lemon ini setiap malam hari sebelum tidur, biarkan hingga kering dan lanjutnya dengan penggunaan skincare lainnya.

Bagaimana caranya bila lemon untuk perawatan wajah mingguan?

Setelah dibahas mengenai perawatan menggunakan buah lemon untuk wajah setiap hari, selanjutnya adalah perawatan mingguan dengan buah lemon sebagai masker dan scrub. Berikut ini adalah langkah membuat masker pemutih wajah alami buatan sendiri dengan buah lemon yang tepat, yaitu:

  • Siapkan 1 butir buah lemon lalu ambil air perasannya.
  • Aplikasikan langsung air perasan ke kulit wajah atau dengan bantuan kapas.
  • Biarkan sekitar 30 menit lalu dibilas atau biarkan semalaman lalu dibilas setelah bangun tidur.

Jika tidak dibawa tidur, masker lemon dapat dicampur dengan bahan lain seperti madu atau putih telur untuk menambah khasiatnya. Sedangkan untuk membuat scrub lemon, berikut adalah cara membuat dan menggunakannya:

  • Siapkan masing-masing 1 sendok makan sari lemon, gula pasir dan madu ( bisa diganti minyak zaitun).
  • Campurkan ketiga bahan sampai merata, lalu oleskan ke wajah sambil dipijat pelan dengan gerakan memutar selama sekitar 3 menit.
  • Bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

Masker dan scrub lemon tersebut dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu sebagai perawatan wajah alami agar putih bersih dan glowing. Untuk kulit yang sensitif atau bermasalah, jika setelah pemakaian pertama mengalami reaksi iritasi tertentu sebaiknya dihentikan penggunaannya, masih banyak perawatan alami lain yang cocok untuk memutihkan kulit sensitif seperti dengan madu, pepaya atau lainnya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

FBWALinePinterestG+LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *