4 Vitamin Pemutih Kulit Alami

By | December 8, 2018

Sponsors Link

Menurut laman wikipedia, vitamin merupakan senyawa organik kompleks yang beperan penting dalam proses metabolisme. Vitamin juga membantu meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah sakit. Menurut ilmu kesehatan, vitamin ini dibedakan menjadi 2 jenis. Yakni:

  • Vitamin yang larut dalam air: vitamin C dan vitamin B kompleks (terdiri dari tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, inositol, folat dan kobalamin)
  • Vitamin yang larut dalam lemak: vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K

Walaupun vitamin sangat dibutuhkan tubuh. Namun faktanya tubuh tidak bisa memproduksi semua jenis vitamin. Hanya sedikit vitamin D dan vitamin K yang mampu dihasilkan tubuh. Umumnya, sumber vitamin diperoleh dari asupan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Vitamin Pemutih Kulit

Selain untuk menyehatkan tubuh, vitamin juga memiliki manfaat bagi kulit. Vitamin dapat menjaga kecantikan kulit, melawan tanda-tanda penuaan, mencegah kerusakan dan memutihkan kulit.

Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut beberapa vitamin pemutih kulit dan sumbernya.

1. Vitamin A

Vitamin A mempunyai peranan penting  bagi kulit. Vitamin ini berkhasiat dalam mencegak kerusakan kulit dari radikal bebas, memperlambat tanda-tanda penuaan seperti garis halus serta keriput, mencegah infeksi kulit, membantu mengoptimalkan pembentukan sel-sel kulit baru, dan melindungi kulit dari polusi.

Sumber makanan tinggi vitamin A:

  • Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang dikenal mengandung tinggi vitamin A. Setidaknya dalam 100 gram wortel tersimpan sekitar 835 vitamin A.  Umumnya orang memanfaatkan wortel untuk melindungi kesehatan mata. Selain dari itu, ternyata wortel juga bagus bagi kulit wajah. Anda bisa membuat masker wortel untuk perawatan wajah alami sehingga kulit tampak lebih cerah dan mulus.

Bayam juga merupakan makanan tinggi vitamin A. Dalam 100 gram bayam terkandung sekitar 1800 mg vitamin A. Maka itu, jika Anda ingin punya kulit putih sehat perbanyak konsumsi sayuran bayam.

  • Kangkung

Biar tidak bosa mengonsumsi bayam, Anda bisa menyelinginya dengan kangkung. Kandungan vitamin A dalam kangkung juga sangat tinggi loh. Yakni sekitar 1890 mg untuk per 100 gramnya.

  • Pepaya

Pepaya juga merupakan sumber vitamin A yang bagus. Dalam 100 gramnya terkandung vitamin A sekitar 270 mg. Kadar tersebut sudah cukup tinggi loh dan bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit.

2. Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin B3 atau biasa dikenal sebagai niasin merupakan salah satu senyawa ampuh dalam mencerahkan wajah. Biasanya senyawa ini banyak ditemukan pada produk pemutih kulit dengan nama niacinamide. Fungsinya cukup luas, selain mencerahkan, vitamin B3 juga membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan mengembalikan kelembaban alami kulit. Namun demikian, vitamin ini tidak boleh digunakan lebih dari 50 mg perhari. Apabila dosisnya berlebihan maka bisa berefek pada terjadinya iritasi kulit serta memicu gangguan hati dan jantung.

Sumber makanan tinggi vitamin B3:

Beras adalah bahan makanan yang sering dimanfaatkan sebagai masker pemutih wajah alami.. Beras ini mengandung tinggi vitamin B3. Sehingga tidak heran, sekali Anda mengaplikasikannya maka kulit akan langsung terlihat cerah walau efeknya sementara saja. Apabila Anda ingin hasil permanen maka Anda juga harus mengaplikasikannya secara rutin.

  • Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber vitamin B3 yang baik. Dalam 100 gramnya terkandung vitamin B3 sekitar 22 mg.  Ikan salmon juga kaya asam lemak omega-3. Kandungan tersebut bersifat sebagai antioksidan yang mana dapat membantu mencegah kerusakan kulit sekaligus mencerahkan.

  • Daging Ayam

Daging putih dari ayam juga bagus untuk kulit loh. Makanan ini adalah sumber niacin yang cukup tinggi. Setidaknya terkandung sekitar 15 mg niacin dalam 100 gram daging ayam. Namun demikian, kamu juga tidak disarankan berlebihan dalam mengonsumsinya, sebab ada kandungan kolesterolnya. Terlebih lagi jika digoreng maka kolesterolnya akan semakin tinggi.

  • Kacang-Kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan juga membantu memutihkan wajah dari dalam. Hal ini disebabkan kacang adalah sumber vitamin B3. Dalam 100 gramnya terkandung sekitar 14 mg vitamin B3. Ini sudah memenuhi hampir 70% kebutuhan vitamin B3 harian.

  • Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat tidak akan membuat tubuh jadi gemuk. Sebaliknya alpukat justru dapat memutihkan kulit loh. Ini dikarenakan alpukat memenuhi 17% dari kebutuhan harian  vitamin B3. Nilai tersebut lumayan tinggi dan bisa membatu merawat kulit dari dalam.

3. Vitamin C

Hampir setiap produk pemutih kulit mengandung vitamin C dan turunannya. Vitamin C ini memang berperan penting bagi kecantikan kulit. Vitamin C membantu proses produksi kolagen yang mana ini berguna untuk menjaga kekenyalan kulit. Selain itu, vitamin C juga mencerahkan sel-sel kulit, membantu mengatasi garis halus, mengatur produksi sebum dan mengatasi jerawat. Biasanya vitamin C digunakan pada serum pemutih wajah dan masker pemutih wajah.

Sumber makanan tinggi vitamin C:

Buah golongan citrus adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C dengan kadar tinggi. Dalam sebutir buah jeruk tersimpan sekitar 70 mg vitamin C. Ini sangat bagus untuk kulit. Umunya jeruk digukan sebagai masker buah untuk memutihkan wajah ataupun dikonsumsi secara langsung.

  • Buah Berry

Buah berry juga merupakan sumber vitamin C yang tinggi. Setidaknya dalam 100 gram buah berry terkandung sekitar 180 mg vitamin C. Buah berry ini ada bermacam-macam, seperti stroberi, rasberry, arbei, blueberry dan sejenisnya.

  • Buah Kiwi

Buah kiwi adalah buah kaya gizi. Di dalamnya terkandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Dalam sebutir buah kiwi tersimpan sekitar 70 mg vitamin C. Nilai tersebut setara dengan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Anda bisa mengonsumsi buah kiwi ini secara langsung atau menjadikannya sebagai masker untuk cara memutihkan wajah kusam secara alami.

  • Jambu Biji

Kandungan vitamin C dalam jambu biji sekitar 228 mg dalam 100 gramnya. Buah ini bagus untuk merawat kecantikan kulit. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya masker wajah.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah sumber antioksidan bagi kulit. Vitamin ini seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam produk kecantikan. Selain itu, tak sedikit juga suplemen vitamin E yang dipasarkan dengan klaim dapat mempercantik kulit. Ya, pada dasarnya vitamin E memang memiliki banyak khasiat bagi kulit. Vitamin E mencegah kerusakan sel-sel kulit yang diakibatkan radikal bebas, melawan tanda-tanda penuaan dini, mencerahkan, mengatasi sunburn, dan juga eksim.

Sumber makanan tinggi vitamin E:

  • Alpukat

Alpukat adalah buah tinggi vitamin E. Dalam setengah cangkirnya terkandung sekitar 2 mg vitamin E. Buah alpukat juga mengandung asam lemak essensial yang berguna dalam memutihkan wajah dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Jangan remehkan sayur bayam. Faktanya bayam ini juga termasuk makanan tinggi vitamin E loh. Setidaknya terkandung sekitar 3,4 mg vitamin E dalam setengah cangkir bayam. Maka itu, jika Anda ingin awet muda maka sering-seringlah mengonsumsi bayam.

  • Kacang Almond

Kacang almond adalalah sumber makanan bergizi yang tinggi vitamin E. Dalam 100 gramnya terkandung sekitar 26 mg vitamin E. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau memanfaatkannya sebagai masker wajah.

Jadi, itulah beberapa vitamin pemutih wajah dan sumber-sumbernya. Mengonsumsi makanan sumber vitamin tentunya lebih aman dibandingkan melakukan suntik pemutih wajah dan suntik vitamin C untuk kulit putih. Sebaiknya hindari metode suntik jika memang kondisi kulit Anda tidak benar-benar butuh pengobatan.

Sponsors Link

FBWALinePinterestG+LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *