Efek Samping Menghilangkan Flek Hitam Dengan Laser

By | December 8, 2018

Sponsors Link

Saat ini dunia kecantikan mengalami kemajuan yang sangat pesat, ada banyak teknologi-teknologi yang digunakan untuk melakukan treatment kecantikan. Sehingga memiliki wajah cantik seperti yang diidam-idamkan bukanlah hal yang sulit lagi. Bahkan jika anda memiliki banyak masalah kulit sekalipun, ada banyak treatment yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasinya. Misalnya saja seperti flek-flek hitam pada wajah. Hal ini tentunya cukup menganggu dan dapat membuat penampilan semakin tidak menarik. Namun kini anda dapat menggunakan metode laser untuk mengatasi dan mengurangi flek-flek hitam pada wajah. Ada banyak jenis laser wajah untuk menghilangkan flek hitam, antara lain adalah:

  • Laser pigmen, laser ini menggunakan Nd-Yag 1064 nm, Q-Switch Double Frequency yang cukup efektif untuk menghilangkan noda-noda hitam, tahi lalat, bahkan tanda lahir sekalipun pada tubuh dan wajah. Tak hanya itu saja, jenis laser ini juga dapat menghancurkan melamin yang membuat wajah menjadi lebih cerah . Biasanya efek akan terlihat setelah 3 minggu masa perawatan.
  • IPL (Inense Pulsed Light),  prinsip kerja dari laser ini sama halnya dengan laser pigmen. Hanya saja terdapat perbedaan pada gelombang cahaya yang digunakan. Laser ini dapat menghilangkan flek hitam tanpa adanya rasa sakit dan tidak meninggalkan bekas sedikitpun. Perawatan ini dilakukan 2-4 kali setiap beberapa minggu.
  • Laser Erbium, atau yang dikenal sebagai laser CO2. Jenis laser ini memiliki fokus utama pad aflek hitam yang letaknya cukup menonjol di permukaan kulit. Bahkan dapat pula mengatasi flek hitam pada kulit wajah orang tua sekalupun.
  • Laser Qswitch Ktp, laser ini memiliki fokus pada flek hitam yang berukuran kecil serta merata pada permukaan kulit. Perawatan laser ini biasanya dilakukan sekitar 4-10 kali  dalam beberapa minggu.
  • Laser Qswitch Ndyag (Energi Rendah), laser ini cocok digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah yang berukuran besar dan merata di kulit wajah. Biasanya dilakukan 4-10 kali dalam jangka waktu beberapa minggu.
  • Laser Nervus Of Ota, laser ini digunakan khusus untuk menghilangkan flek hitam bawaan dari lahir.
  • Laser Café Au Lait, dengan menggunakan jenis laser Qswitch Ktp (532) yang mana digunakan untuk menghilangkan flek hitam bawaan dari lahir. Biasanya dilakukan 1-2 kali dalam kurun waktu 1 bulan.

Namun sayangnya cara memutihkan dan mengencakan wajah dengan menggunakan laser ini menimbulkan beberapa efek samping, antara lain adalah:

1. Kulit Terasa Panas

Salah satu efek samping dari perawatan menggunakan laser adalah dapat menyebabkan kulit wajah terasa panas, seakan-akan terbakar sinar matahari. Kulit akan sangat sensitif terhadap terik matahari.

2. Tidak Boleh Terpapar Sinar Matahari

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kulit yang terkena perawatan laser dapat cenderung sensitif pad asinar matahari. Setelah dilakukan proses penyinaran, biasanya pasien dilarang untuk terkena langsung sinar matahari. Hal ini untuk menghindari munculnya infeksi. Sinar matahari dapat memungkinkan terjadinya infeksi pada kulit wajah yang melakukan perawatan laser. Sehingga usahakan untuk jangan terlalu lama terkena sinar matahari. Jika anda memiliki aktivitas di luar yang cukup panjang, akan lebih baik menggunakan sunblock pemutih wajah.

3. Mengalami Bengkak

Setelah dilakukan proses laser, biasanya akan muncul gatal-gatal di area wajah yang disinari laser. Bahkan tak hanya gatal-gatal, wajah juga dapat mengalami bengkak pada bagian tersebut. Biasanya pembengkakan akan pulih dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu bulan.

4. Mengalami Iritasi Ringan

Setelah dilakukan proses penyinaran laser, biasanya wajah membutuhkan beberapa waktu untuk masa pemulihan. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan, seperti menyentuh, menggosok, hingga menggaruk kulit wajah setelah dilakukan penyinaran laser. Hal ini akan menyebabkan wajah akan mengalami luka dan iritasi.

5. Kulit Mengering Selama Masa Perawatan

Selama  perawatan menggunakan sinar laser, biasanya akan ada efek samping yang dapat anda rasakan. Efek samping yang dirasakan dapat terasa kulit wajah yang mengering ketika masa perawatan hingga masa pemulihan. Bagi jenis-jenis kulit tertentu, setelah dilakukan penyinaran laser akan membuat kulit wajah terasa mengering. Untuk itu lah banyak pakar kulit yang menyarankan untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak selama masa perawatan menggunakan laser. Sehingga peredaran darah menjadi lancar dan wajah menjadi lembab.  Selain itu anda juga bisa mencoba menggunakan pelembab wajah alami.

6. Kerusakan Kulit Permananen

Efek ini bisa jadi efek samping terburuk yang dapat anda alami ketika menggunakan perawatan laser. Biasanya ini terjadi akibat kegagalan saat menggunakan perawatan laser, bahkan kerusakan ini dapat permanen. Untuk itu lah pentingnya mencari klinik kecantikan yang berkualitas dan terpercaya sehingga perawatan yang anda gunakan akan aman dan nyaman dilakukan.

Jika anda memang ingin menhilangkan flek-flek hitam pada wajah dengan menggunakan laser pemutih wajah, maka sebaiknya lakukan secara berkala sesuai dengan aturan yang diberikan oleh dokter sehingga hasil yang di dapatkan akan lebih maksimal. Selain itu anda juga bisa mencoba perawatan alami lainnya yang dapat membantu memudarkan flek-flek hitam pada wajah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

FBWALinePinterestG+LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *